Menu
 


Desember, Imunisasi Anak Sekolah
MOJOKERTO- Bulan imunisasi anak sekolah (BIAS) yang pada tahun-tahun sebelumnya dilaksanakan tiap November, untuk tahun ini akan dilaksanakan Desember mendatang.

Program pemerintah yang telah dimulai sejak 1998 ini dilakukan dengan memberikan vaksin dipteri (DT) dan tetanus (TT) pada anak usia sekolah SD/MI.

''Imunisasi DT sasarannya adalah semua anak kelas I SD/MI, sedangkan imunisasi TT untuk semua anak kelas II dan III SD/MI,'' kata Kepala Puskesmas Ngoro Drg Wilis puspita.
Tujuan utama pemberian imunisasi itu, tuturnya, untuk meningkatkan imunitas (kekebalan) anak usia sekolah terhadap dipteri dan tetanus. Kekebalan terhadap dua virus tersebut akan bertahan kurang lebih hingga kira-kira sampai dengan 25 tahun mendatang.

Dengan demikian, ujarnya, apabila sekarang ini usia anak-anak yang diimunisasi rata-rata 10 tahun, mereka akan kebal hingga usia 35 tahun. Pada usia 35 tahun ke atas, karena orang telah dapat menjaga diri maka risiko untuk terkena tetanus kemungkinannya kecil.

''Kalau pada masa kanak-kanak karena kurang dapat menjaga diri, riskan sekali mereka terkena kedua virus tersebut,''drg wilis puspita
Dia mengatakan, tujuan umum dari pelaksanakan BIAS adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan anak sekolah dan menurunkan angka kesakitan difteri dan tetanus. Tujuan khususnya di samping untuk meningkatkan kekebalan adalah agar diperoleh perlindungan anak terhadap penyakit dipteri dan tetanus, dalam jangka waktu panjang.

Sementara, demi kelancaran pelaksanaan program tersebut, beberapa strategi telah direncanakan. Antara lain melakukan mobilisasi sosial kepada sasaran dengan memberikan penjelasan tentang pentingnya BIAS. Begitu pula pelayanan standar akan diterapkan, termasuk penanganan cepat dan tepat terhadap kemungkinan timbulnya kejadian ikutan pascaimunisasi.

Post a Comment

 
Top