Menu
 


Sisihkan Pelajar
Guru SMA Terpilih Sebagai Yuk Kabupaten 2008
MOJOKERTO – Pemilihan Gus dan Yuk Kabupaten Mojokerto 2008 berakhir. Dua peserta terbaik diumumkan sebagai pemenang dalam malam grandfinal yang dilangsungkan di Gor Diknas Sabtu (29/11). Rendi asal Kecamatan Sooko ditetapkan sebagai Gus dan Ari Ardyani sebagai Yuk. Setelah keduanya meraih nilai tertinggi menyisihkan 17 peserta lainnya wakil dari semua kecamatan yang ada.
Uniknya, Yuk terpilih kali ini tidak berasal dari kalangan pelajar. Melainkan seorang guru Bahasa Inggris yang sehari-hari mengajar di SMAN Pacet. Padahal peserta lainnya, mayoritas berasal dari kalangan pelajar.
’’Dia memang unggul, utamanya dalam hal Bahasa Inggris,’’ terang Bunawi, Kepala Disparbud. Sehingga dia terus meraih poin tertinggi dalam dua sesi pemilihan yang dilakukan. Sesi pertama diikuti oleh delegasi 18 kecamatan yang ada. Setelahnya, dianjutkan sesi kedua yang diikuti oleh 10 peserta terbaik. Penilaian setiap sesi diberikan berdasar setiap jawaban yang dilontarkan para peserta dalam bahasa Inggris. Baik terkait pengetahuan umum maupun potensi wisata daerah.
Sebagaimana materi yang mereka dapatkan selama dua hari menjalani karantina. Yakni materi kepribadian, tablemanner dan pengetahun potensi wisata daerah. Selain dari segi penguasaan bahasa, Ari juga mengantongi nilai tertinggi dalam hal budaya. Setelah mampu memperagakan dengan baik sejumlah tarian daerah. ’’Tidak menyangka bisa juara, padahal saya ikut hanya karena ditunjuk, bukan kemauan sendiri,’’ urai lajang 24 tahun ini sembari mengurai senyum lepas.
Selain mengumumkan para pemenang, dalam grandfinal kemarin panitia juga mengumumkan para peraih juara favorit pilihan penonton. ’’Para pemenang akan kita kirim untuk mengikuti pemilihan raka-raki Jatim,’’ papar Bunawi..
Usai acara, para pemenang langsung menerima ucapan selamat dan penyematan selendang Gus Yuk dari Bupati Suwandi dan Ketua PKK Sukarlik Suwandi. ’’Kita berharap Gus Yuk terpilih mampu menjadi teladan bagi para generasi muda lainnya,’’ ujar Suwandi dalam sambutannya. Untuk itu Gus Yuk harus mampu memprakarsai sekaligus memperbanyak aktifitas yang positif. Utamanya dalam hal-hal pariwisata, kesenian dan budaya. ’’Gus Yuk harus mampu menjadi duta untuk promo wisata daerah. Bukan hanya keluar, tetapi juga didalam daerah sendiri,’’ terangnya. (jif)

Post a Comment

 
Top