Menu
 


Pekan Seni Pelajar Kabupaten Mojokerto 2008
Dibuka Bupati, Tampilkan Kreasi Prajurit Majapahit
MOJOKERTO – Parade karnaval Cahyaning Majapahit memukau pembukaan Pekan Seni Pelajar Kabupaten Mojokerto 2008 di Pusat Perkulakan Sepatu Trowulan (PPST) Sabtu (29/11). Puluhan kreasi ditampilkan ratusan siswa pada kesempatan itu.
Mulai dari penampilan delegasi Kabupaten Mojokerto yang berhasil meraih juara dalam lomba kirab prajurit tradisional Nusantara di TMII beberapa saat lalu, penampilan grup karawitan cilik asal SDN Betro Kemlagi, Paduan Suara 300 siswa dari semua jenjang pendidikan.
Penampilan dalang cilik Ki Sih Hono Wisnu Laksito cukup menarik. Ia membawakan lakon Mayang Rontek Rinenggo yakni kalaborasi tari, tetembangan, teater dan lawakan yang menyuguhkan lakon oposisi. Dia menyajikan kritik untuk sejumlah kebijakan pemerintah dengan tetembangan, kidungan, dan guyonan yang mengundang tawa semua pejabat yang hadir. Termasuk Bupati Suwandi dan Kepala Dinas P dan K Provinsi Jatim, Rasiyo.
Parade karnaval kala itu mengusung tema berdirinya Majapahit. Mulai dari perang dengan pasukan Tar-tar hingga penobatan Raden Wijaya sebagai Raja Majapahit. Aneka tari juga turut memeriahkan acara tersebut. Di antaranya tari mayang rontek, tarian khas Kabupaten Mojokerto yang dibawakan sejumlah siswa SMA. ’’Ini sangat bagus untuk dilestarikan, agar semakin menggugah dan menyadarkan kita akan kekayaan khasanah budaya yang ada, sehingga kita semakin cinta pada daerah,’’ ujar Suwandi.
Pada akhirnya, akan tergerak secara swadaya untuk mempromosikan potensi daerah pada orang luar. ’’Penampilan anak-anak tadi bagus sekali, kreatifitasnya patut dikembangkan,’’ ujar Rasiyo, usai acara.
Sementara Kasubdin Seni dan Budaya Dinas Pendidikan Kabupaten Mojokerto Bambang Sugijono mengatakan tujuan diadakan pekan seni pelajar ini di samping untuk membina pelajar dari semua jenjang pendidikan dalam bidang seni juga sebagai seleksi untuk pekan seni pelajar pada tahun 2009 mendatang. ’’Pekan seni pelajar kabupaten ini juga untuk seleksi ke tingkat Jatim,’’ ujar Bambang.
Pekan Seni Pelajar ini digelar mulai 29 November hingga 11 Desember mendatang di berbagai tempat dengan 14 cabang. Untuk Cabang seni lukis, seni patung, baca puisi digelar saat hari jadi Kabupaten Mojokerto dan hari pendidikan nasional Mei lalu. Untuk Cabang Seni Paduan Suara tingakat SD Kontingen Kecamatan Bangsal keluar sebagai Juara disusul Kecamatan Gedeg dan Trowulan.
Adapun cabang lainnya, yakn Paduan Suara digelar 1,5, 6 Desember di Aula SMPN 1 Dlanggu. Tari digelar 2,3,10 Desember di Aula lantai 2 Dinas Pendidikan. Samroh pada 3 dan 4 Desember di KPRI Budi Arta Dinas Pendidikan. Tembang 4,9,11 Desember di Aula lantai 2 Dinas Pendidikan, Teater 9,10,11 Desember Di Gedung Seni Dinas Pariwisata dan Budaya. (adv)

Post a Comment

 
Top